Dalam pembuatan sebuah website, pertanyaan yang sering muncul pertamakali di benak masyarakat adalah berapa biaya untuk pembuatan website ? dan apakah mudah untuk mengelola websitenya?

Dalam Kesempatan kali  ini kami ingin memberikan beberapa penjelasan singkat berapa harga dan bagaimana mekanisme dari pembuatan website itu sendiri. Sehingga anda memiliki gambaran mengenai Biaya pembuatan website baik pembuatan website perusahaan, website sekolah, website toko online dan sebagainya. Berikut adalah detail biaya dan komponen yang mendukung pada .

Detail Biaya Pembuatan Website Perusahaan

1.Domain

Domain adalah komponen yang pokok. kalau tidak ada domain maka website tidak akan bisa berjalan dengan kata lain anda tidak memiliki identitas tetang perusahaan yang adan miliki. Jadi anda harus menyediakan budget untuk domain.

Untuk harga domain sangat variatif antara 15 ribu sampai ratusan ribu. Tergantu dari extensi domain dan provider penyedia domain. Karena ditiap domain seller harga bervariatif.

Untuk domain kami sarankan menggunakan domain berextensi DOT COM , DOT NET, DOT CO.ID , DOT ID, DOT WEB.ID . Itulah domain yang memiliki kredibilitas tinggi di mata google dan dimata masyarakat. Untuk harga domain DOT COM sendiri harga sekitar RP. 130.000 , domain DOT ID harga RP 200.000 untuk masa kontrak 1 tahun. Jika anda ingin berencana untuk jangka waktu yang panjang, anda juga bisa langsung memperpanjang atau melakukan kontrak dengan domain lebih dari 1 tahun.

2. Server

Sebelum kita membahas masalah biaya , sebenarnya apakah fungsi server itu sendiri? . Server digunakan untuk menyimpan semua data website. Ketika seseorang mengunjungi sebuah website, maka domain akan menuju server yang sudah di tentukan dan mengambil data data website tersebut yang ada di server.

Server menenentukan cepat lambatnya sebuah website. Jika website tidak bisa di akses, atau website terbuka terlalu lama, maka masalah ini berada di server. Sehingga server merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan website.

Berapa Harga Server

Harga server sangat bervariatif. Mulai dari harga ribuan sampai ratusan ribu untuk tiap bulanya. Tergantung dari spesifikasi yang diberikan. Semakin tinggal spesifikasi, maka semakin baik kualitas server, dan akan semakin tinggi harganya.

Jika anda ingin membangun website dengan fiture minimal, tidak banyak fungsi yang di berikan, maka budget server tiap bulan adalah dibawah Rp. 50.000 akan tetapi jika website anda adalah website dengan jumlah pengunjung yang tinggi, maka anda harus berfikir jika masih memakai server dengan harga murah. Karena ini akan menyebabkan website anda lambat bahkan tidak bisa di akses oleh pengunjung.

Klasifikasi Server

Server hosting memiliki klasifikasi dan istilah untuk menyebutanya. yang paling rendah ada Hosting, kemudian ada VPS dan yang paling tinggi adalah Dedicate Server.

Hosting : Ini adalah server adalah spesifikasi yang paling rendah. karena ini merupakan server yang di pakai oleh banyak pengguna. Bisa satu vps yang dipakai bersama sama, bisa juga Dedicate server yang di pakai bersama sama. Kemampuan sangat terbatas sesuai dengan aturan yang di tetapkan oleh penyedia hosting. Harga untuk hosting bervariatif dari Rp 20.000 – Rp.150.000 untuk tiap bulan.

VPS : Ini adalah server yang setingkat lebih tinggi dari hosting. Ini merupakan server yang dibagun dedicate server yang di bagi kedalam beberapa bagian. Jika anda membangun website dengan traffik yang tinggi maka anda harus mlirik server jenis ini. Dengan server ini anda bisa mengkonfigurasi sendiri server anda. Sehingga anda akan lebih leluasa dalam melakukan pengaturan untuk website. Harga VPS unmanage ( anda harus install sendiri agar bisa digunakan ) berkisar antara Rp 70.000 – Rp 500.000 . Harga untuk instalasi kurang lebih Rp100.000.

Dedicate Server : Ini adalah server dengan spesifikasi tertinggi. Satu server / komputer bisa anda gunakan sendiri, anda manage sendiri. Sehingga kemampuan server anda benar benar terjamin. harga untuk server jenis ini berkisar antara Rp 500.000 – Jutaan Rupiah perbulan

3. Design

Saat ini banyak sekali CMS / content management system yang bisa kita gunakan untuk membangun website tanpa harus mulai dari NOL. Tidak hanya itu CMS yang sudah berkembang juga menyediakan sudah menyediakan tempate website yang bisa anda gunakan secara gratis. Ini berarti anda bisa menghemat biaya dari sisi Design. Berbeda halnya dengan pembuatan website dari NOL. Maka biaya design dari website anda bisa mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah.

Kenapa anda harus mengeluarkan budget untuk ini kalau ada yang murah bahkan gratis. kalau saya amati selama ini, custom design non CMS biasanya designya kurang bagus dibandingkan dengan CMS menggunakan design Gratis. Jadi kami sarankan anda tetap menggunakan CMS agar biaya design bisa murah dan bahkan gratis.

4. Fiture

Fiture menentukan banyak sedikitnya biaya yang akan anda keluarkan. Semakin banyak fiture, tentunya semakin mahal biayanya. Biaya tersebut tidak bisa dihitung karena tingkat kesulitan dari penambahan fiture maka akan menentukan harga dari pembuatan fiture tersebut.

Jika anda menggunakan CMS , maka anda bisa menambahkan addon / extension secara gratis yang sudah disediakan oleh CMS itu sendiri. Akan tetapi banyak addon yang sifatnya berbayar. Akan tetapi ini relatif lebih murah jika dibandingkan pembuatan addon dengan website NON CMS.

Kesimpulan

Jumlah Biaya website ditentukan olah beberapa faktor yang kami sebutkan diatas. kalau bisa ditarik garis besarnya, anda bisa membangun sebuah website yang sudah memenuhi standar dengan biaya kurang lebih Rp 1.000.000. Jika anda menekan biaya , maka tentu kualitas website anda juga akan menurun