Kali ini kami akan berbagai gambaran tentang web developer. APa sih yang harus di persiapkan seorang web developer, kemudian skil apa saja yang peru kita pelajari agar kita sukses di dunia ini?

Webdeverloper saat ini tidak lepas dengan yang namanya bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari.
1. Javascript ( NodeJS )
2. PHP
3. Python
4. ASP
5. Golang
6. Rubby

Dan masih banyak lagi list bahasa pemrograman yang bisa di jadikan sebagai core dari website. Kemudian mana yang harus kita pilih di antara bahasa pemrograman tersebut. Menurut data di https://w3techs.com/technologies/comparison/pl-js,pl-php , PHP menduduki peringkat pertama dalam pembuatan website. PHP digunakan oleh 79.2% semua websites untuk server-side programming. Setelah itu javascript ( Node JS ).

Untuk kami pribadi kami lebih mimilih php sebagai bahasa pemrograman untuk sisi pengelolaan server.

Sekarang kita akan mengerucut pada pemgrograman PHP. Untuk membuat sebuah website dengan php kita bisa melakukanya dengan beberapa cara.
1. PHP Murni.
Cara ini adalah membuat website dari nol. Kita membuat semua fungsi yang ada di website benar benar kita sendiri yang akan menentukan prototypenya. Mulai dari koneksi database, pembuatan backen / admin area, front end, upload gambar dll.
Cara ini merupakan cara yang paling berat dan membutuhkan banyak waktu. Ketika kita memiliki team yang solid, tentu ini tidak ada masalah.

2. Menggunakan Php Framework
Framework atau kerangka kerja PHP yang akan memudahkan kita dalam pembuatan website. Semua fungsi fungsi sudah di buatkan oleh framework. Kita tinggal membanggilnya saja. Seperti koneski database, pembuatan admin area / backend dan lain lain. Dengan menggunakan framework, programer tinggal fokus untuk mengembangkan website, tidak harus membuat kode kode, atau fungsi yang berulang ulang. Dengan demikian kelebihan dengan framework adalah lebih cepat dan lebih mudah untuk pengembanganya.

Contoh php framework : laravel, zend framework , Cake PHP , Symfony, Code Igniter.

Setiap framework memiliki aturan atau prototipenya sendiri sendiri, untuk bisa menggunakan framework, orang yang mengerti php, tetap harus mempelajari kembali frame work tersebut. Orang yang jago dengan laravel. Ketika dia diminta untuk membuat website dengan Code Igniter, maka dia juga harus mempelajari Framework tersebut.

Dengan demikian , untuk membuat website dengan Php framework maka kita juga harus belajar pemrograman PHP.

Apakah ada cara untuk membuat website tanpa bisa CODING. Kita bahas point yang ke 3.

3. Dengan CMS ( Content management system )
Dengan cms, orang yang tidak tahu php , html , dan pemrograman lainya bisa dengan mudah membuat website. Akan tetapi untuk mengembangakan lebih jauh, tentu harus belajar PHP. Seperti penambahan fungsi , edit tampilan dll.

Bebera CMS yang paling populer saat ini
1. WordPress ( Multi Purpose )
2. Joomla! ( Blog )
3. Drupal ()
4. October cms ( Perlu mengerti HTML )
5. Prestashop ( Toko Online )
6. OpenCart ( Toko Online )
7. Magento ( Magento )
8. Moodle ( Pembelajaran / LMS / untuk ujian / pembelajararn, chat)
9. Zenforo /V Bulletin ( Forum seperti kaskus dulu pernah pakai vbuletin )
10. PHP BB ( Forum )

Dari sekian banyak cms mana yang akan kita pilih itu tergantu kebutuhan

Untuk membuat toko online bisa pake prestashop, opencart, magento. untuk forum bisa menggunakan zenforo atau PHP BB.
Untuk pembuatan LMS learning managemen system bisa menggunakan moodle.
Fiture Moodle.
– Chats : setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time via web
– Forums : student dan teacher dapat berinteraksi satu sama lain secara real-time.
– Lesson : agar teacher dapat membuat aktifitas yang berisi konten untuk siswa.
– QUiz
– Ada Android APP nya.

Dari sekian banyak cms, yang paling populer adalah wordpress. WordPress sangat mudah untuk para pengguna baru. Selain itu wordpress bisa di gunakan untuk banyak tipe website. Seperti blog, company profile, toko online, forum , bahkan lms bisa dibikin dengan wordress.

 

Dari ketiga pilihan antara PHP , PHP Framework, dan cms mana yang kita pilih ? Itu semua tergantung kebutuhan , budget dan waktu.