Dari segi biaya pembuatan sebuah website, kita bisa membagi hal tersebut kedalam 2 jenis kategori yaitu website gratis dan website berbayar. Dan tentunya dari istilah tersebut, rekan rekan semua sudah mengetahui definisi dari masing masing categori tersebut. Website yang berbayar adalah website yang dalam pembuatanya membutuhkan biaya, sedang website gratis adalah website yang tidak membutuhkan biaya dalam pembuatanya.

Contoh Website Gratis

Ada banyak website gratis yang bisa anda gunakan untuk membangun blog atau toko online anda. Diantaranya adalah blogger.com yang di miliki raksasa internet google, serta wordrpess.com dengan cms wordpress sebagai script utamanya. Kedua platorm ini banyak di pakai oleh masyarakat indonesia yang masih menggunakan website gratisan sebagai sarana promosi onlinenya.

Website gratisan biasanya ditandai dengan nama website dengan subdomain. Seperti contoh riffa.blogspot.com , riffa.wordpress.com dan sebagainya.

Contoh Website Tidak Gratis

Website berbayar di tandai dengan nama domain yang tidak menggunakan subdomain. Seperti domain yang menggunakan extensi Dot COM, Dot NET , Dot ID . Dot.My.ID, Dot.Web.ID, dan lain lain. Akan tetapi anda juga masih bisa membuat subdomain dengan website berbayar. Detik.com , riffamedia.com adalah contoh website yang dikategorikan dalam website berbayar.

Perbedaan Website Gratis Vs Website Berbayar?

1.Keamanan Data

Keamanan Data merupakan faktor utama yang menjadi perbedaan signifikan antara website berbayar dan website gratisan.Dengan website berbayar,  kita sendiri yang mengelola data, dan di tempat kita sendiri pula data data itu di simpan. Sehingga data lebih aman.

Dalam website gratis, kita sering mendengar pemutusan atau penghapusan sepihak dari penyedia jasa, karena ada kesalahan dari pemakai sehingga website tidak bisa di akses, dan data pun hilang. Tentu hal ini akan sangat merugikan kita yang sudah membangun website dengan susah payah dengan waktu yang lama.

2.Dukungan Support

Dukungan Support jelas menjadi perbedaan yang sangat jelas. Kalau di blog gratis tentu  anda tidak memiliki dukungan support dari penyedia , atau  kalupun ada support akan sangat kurang jika di bandingkan dengan menggunakan website yang berbayar.

Jika ada masalah dalam hal server, maka server yang gratis ini akan mendapatkan prioritas akhir. Sehingga trouble yang di alami server anda akan teratasi dengan jangka waktu yang lebih lama.

3. Fiture Yang Ditawarkan

Fiture yang ditawarkan memiliki perbedaan yang mencolok antara website yang dibangun secara berbayar dengan website yang dibangun secara gratis. Fiture dari blog berbayar tentu lebih leluasa dan lengkap jika dibanding dengan website yang gratis.

Sebagai contoh, ketika kita membangun sebuah website berbayar dengan cms wordpress , kita bisa dengan leluasa menambahakan sebuah addon / plugin / fiture sesuai dengan keinginnan kita. Kita bisa memasang variasai ratusan hingga tak terbatas plugin / addon yang di sediakan di wordpress plugin direktory.

Berbeda halnya dengan platform di wordpress.com , kita tidak bisa menambahkan plugin yang ada, sehingga fiture sangat terbatas. Disamping itu bagi rekan rekan yang ingin memonetize website dengan adsense, maka anda harus melupakan hal tersebut jika anda masih menggunakan wordpress.comyang gratis.

4. Kulitas Kecepatan Website

Jika anda masih menggunakan website gratis , anda tidak bisa mengoptimalkan kecepataqn dari sisi server. Anda tidak memilik hak untuk memilih server mana yang bagus, dan server mana yang kurang maksimal, karena semua sudah ditentukan oleh penyedia layanan. Server yang di gunakan oleh website gratisan digunakan oleh banyak orang secara bersamaan, dan biasanya lokasi server di luar negeri.

Akan tetapi jika anda berencana menggunakan website berbayar, anda bisa memilih spesifikasi server yang akan anda pakai, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa menentukan lokasi server website. Jika visitor anda dari indonesia, anda bisa memilih server yang lokasinya di indonesia , singapura ataupun australia, yang lokasi servernya tidak jauh dari indonesia.

5. Kredibilitas / Kepercayaan Pengunjung

Dari segi Kredibilitas / Kepercayaan Pengunjung tentu ini juga menjadi hal yang sangat mencolok sekali.  Coba bayangkan jika anda adalah instansi perusahaan, sekolahan, atau bahkan toko online masih menggunakan wesite gratis. Bagaimana kepercayaan pengunjung yang datang ke website anda.

Dalam hal ini website berbayar tentu lebih akan meyakinkan visitor yang datang ke website anda. Orang yang akan membeli ke toko online anda akan sangat nyaman mentransfer sejumlah uang untuk membeli sebuah produk di toko online anda.

Pilih Website Gratis Atau Website Berbayar ?

Itu kita kembalikan kepada rekan rekan semua yang akan memilih. Kalau anda belum serius untuk memaksimalkan website sebagai sarana promosi anda, dan anda belum memperhitungkan visitor yang datang, kualitas kecepatan website, belum membutuhkan fiture banyak, maka webste gratisan sudah cukup. Akan tetapi, jika anda sudah mempertimbangakan keamanan data, kredibilitas website, Kualitas website maka mau tidak mau anda harus beralih ke website yang berbayar.